Sunday, May 21, 2017

Explore Denmark: Amalienborg Palace

Hari ketiga tiba di Denmark, kami diajak berkunjung ke istana ratu Denmark, Amalienborg Palace, yang berlokasi di Amalienborg Slotsplads 5, 1257 København K, Denmark. Istana ini merupakan tempat tinggal bagi Danish Royal Family.  Kepala negara Denmark saat ini adalah Ratu Margrethe II yang telah memimpin sejak 1972. Berdasarkan informasi dari Wikipedia, tempat ini terdiri dari empat bangunan istana berdesain klasik dengan gaya Rococo, yang mengelilingi halaman berbentuk segi delapan.  Di halaman tengah tersebut terdapat sebuah patung monumental pendiri Amalienborg, yaitu raja Frederick V yang sedang berkuda. 


Foto: Amalienborg Palace



Foto: Frederick V of Denmark


Tujuan utama kami ke istana ini adalah untuk melihat pergantian pasukan pengaman istana, atau bagi para turis biasa disebut dengan "Changing of The Guard Tour". Jadwal pergantian pasukan pengamanan pada pukul 12.00 waktu Denmark. Pada saat itu, kami tiba di istana sekitar pukul 11.30, sehingga kami masih punya beberapa waktu untuk berkeliling halaman istana. Angin yang kencang dengan suhu kurang dari 10 derajat Celcius membuat saya cukup kedinginan, meskipun sudah mengenakan 3 lapis pakaian termasuk coat yang cukup tebal. Kondisi itu membuat saya memiliki 2 pilihan, berjalan dan banyak bergerak atau masuk ke mobil untuk menghangatkan diri. Karena tidak mau menyia-nyiakan waktu, saya pun memilih untuk berjalan-jalan melihat sekeliling istana. Dari jalan utama, saya belok ke sebelah kiri istana utama. Disana saya menemui taman yang terdapat air mancur dan sebuah danau. Orang Danish menyebutnya "Amaliehavn" (The Amalie Garden).
Foto: Amaliehavn


Setelah puas melihat-lihat dan berfoto, udara makin terasa dingin dan langit yang cerah seketika berubah mendung. Ketika itu waktu menunjukkan pukul 11.40, masih ada 20 menit lagi waktu untuk menunggu jadwal pergantian pasukan pengamanan. Karena mulai merasa kedinginan, kami pun memutuskan untuk menunggu di dalam mobil sembari menghangatkan diri. Tiba waktunya pukul 11.50, saya bergegas keluar dari mobil yang parkir tidak lebih dari 100 meter dari halaman depan istana. Ketika itu para wisatawan yang berkunjung mulai mengerumuni halaman dengan gerbang utama istana, karna beberapa penjaga mulai menyiapkan lokasi tempat diadakannya pergantian pasukan pengamanan istana. Saat itu langit mulai mendung dengan angin berhembus cukup kencang. Dan ketika para pasukan mulai berbaris, para pengunjung pun (termasuk saya) sibuk mengabadikan lewat foto  dan rekaman video. Meski gerimis turun, tidak menyurutkan antusiasme para pengunjung dari berbagai usia untuk menyaksikan momen pergantian pasukan pengamanan istana tersebut. Sayangnya, saya kehilangan beberapa file foto dan video prosesi pergantian pasukan tersebut, sehingga tidak banyak dokumenasi yang bisa saya bagikan di tulisan ini 🙁 

Foto: The Guards


Foto: Changing Guard


No comments:

Post a Comment